Ducati Café Racer

Posted by Kania Mazdar | 1:32 AM | 0 comments »

Lagi kepincut retro tuh! Mungkin itu kiranya yang mewakili perasaan hati Syaifudin, pemilik Suzuki Thunder 250 ini. Yap! Motor sport pabrikan berlogo ‘S’ ini, berganti konsep! Dari motor model sport turing, kini berganti wajah jadi Ducati café racer.

“Lagi senang aja sama café racer. Tapi inginnya café racer dari motor Eropa, biar lebih tampil beda,” bilang pria yang juga punya workshop modif mobil AE Garage di Jl. Hidup Baru, No. 44, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Biar referensinya makin mantap, doi searching di internet mengenai motor balap Ducati zaman dulu alias jadul. Akhirnya, konsep pun ditemukan sebagai rujukan. Hasilnya, silakan lihat sendiri. Café racer ini, memiliki fairing depan. Yap, seperti Ducati Race 350 yang balap sekitar tahun 1969!

“Hanya saja, kalau Race 350 pakai fairing full, gue hanya half fairing aja,” bilang pria yang lebih akrab disapa Adi Nung ini. Sip! Nah, ngobrol soal teknik modifnya yuk! Siapa tahu sobat tertarik mau ikutan bikin.

Lanjut! Mulai dari bodi atawa baju dulu ya! Untuk fairing, Adi mengaplikasi pelat besi ukuran 1,2 mm. Pelat ini dirasa pas untuk dibuat sebagai bodi. “Itu karena pelat ini mudah ditekuk dan dibuat kontur. Lainnya, pelat ini juga nggak terlalu berat,” ujar pria 27 tahun yang juga hobi main mobil Holden ini. Adi, bikin motor lagi yuk!

SOK HORNET

Namanya juga motor balap. Meski zaman dulu, tapi café racer juga sudah aplikasi setang model jepit. Untuk itu, Adi memilih untuk pensiunkan sok depan hingga segitiga dan setang bawaan asli Suzuki Thunder 250.

“Gantinya, pakai perangkat milik Honda Hornet 125,” kata pria yang siap terima ubahan modifikasi serupa dari sobat ini. Begitunya kaliper rem dan posisi cakram, tetap mengadopsi di sisi kiri layaknya Thunder 250.

Untuk itu, agar kaliper klop di sok Hornet, Adi pun membuat lagi adaptor kaliper dari pelat besi tebal 5 mm.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Pirelli 120/60-17
Ban belakang : Battlax 140/70-17
Knalpot : Suzuki GSX 400
Pelek belakang : Baros 4,5 x 17
AE Garage : 0815-9941260



0 comments