Belilah Helm Sesuai Kepala Anda

Posted by Kania Mazdar | 1:06 AM | , | 0 comments »

Jika ingin berkendara dengan motor, helm yang pas, nyaman dan memenuhi standar keselamatan adalah sesuatu yang harus dipakai. Namun masih banyak yang menggunakan helm sekedar untuk memenuhi kewajiban, yang penting terhindar dari tilang polisi.

Ada yang bilang belilah helm seharga Anda menghargai kepala Anda. Kalimat ini memang benar. Walau tidak selalu helm yang baik adalah helm yang mahal. Berikut ini adalah kriteria helm yang layak untuk kepala Anda.


1. Helm harus pas
Helm yang pas dengan kepala adalah helm yang tidak bergeser ketika kepala Anda bergerak. Bagian dalam helm harus 'memegang' kening Anda sekitar dua centimeter di atas alis mata. Untuk memastikan helm tidak mencengkram kepala Anda terlalu kuat, cobalah selama beberapa menit sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Helm tidak untuk selamanya
Helm juga ada masa kadaluarsanya. Panas sinar matahari dan juga air bisa membuat beberapa komponen yang terbuat dari logam berkarat. Disarankan untuk membeli helm baru tiap tiga tahun sekali, tergantung juga seberapa sering helm itu dipakai.

3. Helm harus bersih
Helm yang bagus memang akan menyelamatkan Anda ketika terjadi kecelakaan. Tapi helm bagus yang kotor dan bau akan merusak rambut dan kulit kepala Anda. Gunakan sabun yang lebut untuk membersihkan bagian dalam helm. Jemur sampai kering.

4. Cukup satu kali jatuh
Helm didesain hanya untuk satu kali benturan. Bahkan benturan ringan pun bisa merusak struktur helm. Oleh karena itu, Anda harus membeli helm baru tiap kali helm lama Anda mengalami benturan serius.

Di kawasan Jakarta, helm yang sesuai dengan standar keamanan bisa dibeli mulai harga Rp 150 ribu. Jika ingin helm yang baik dengan kualitas grafis yang trendy pula, maka Anda memang harus merogoh kocek lebih dalam.

modifbike.blogspot.com

0 comments